Senin, 28 Oktober 2019

Teknik Akrostik

Teknik Akrostik, Teknik Menghafal dalam Pelajaran IPS

Akrostik berasal dari kata Perancis acrostiche danYunani akrostichis yang artinya sebuah sajak yang huruf awal baris-barisnya menyusun sebuah atau beberapa kata. Teknik akrostik ini merupakan bagian dari metode mnemonik yang bertujuan untuk memperkuat ingatan. Secara sederhana, teknik ini berarti memiliki kemampuan untuk menghubungkan kata-kata gagasan atau ide melalui suatu gambaran. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mempermudah mengingat pengetahuan dan mempermudah mengingat kembali suatu informasi.

Dalam pembelajaran, teknik Akrostik menggunakan huruf kunci untuk membuat konsep abstrak menjadi lebih konkrit sehingga lebih mudah diingat. Akrostik tidak selalu menggunakan huruf pertama dan juga tidak selalu menghasilkan singkatan dalam bentuk satu kata atau frasa (Buzan, 2002:87). Sederhananya, teknik akrostik adalah menghasilkan singkatan-singkatan agar siswa mudah memahami materi-materi hafalan.

Contoh konkret penggunaan teknik ini adalah dengan cara membuat akronim seperti MEJIKUHIBINIU (MErah JIngga KUning HIjau BIru NIla dan Ungu) ketika belajar tentang pelangi. Dalam pembelajaran IPS pun perlu dibuat akronim seperti contohnya IAN KASELA RAJA SUMUR (Irian Jaya bagian selatAN Kalimantan SELAtan utaRA JAwa dan SUmatera tiMUR) ketika mengajarkan letak dan persebaran wilayah hutan mangrove. Materi lain pun dapat menerapkan teknik ini dengan mudah.

Kelebihan dari teknik mnemonik tipe akrostik adalah mengoptimalkan kinerja ingatan, meningkatkan kemampuan menghafal, menyimpan informasi ke dalam memori jangka panjang, mempermudah dalam memanggil informasi yang telah lama dalam ingatan, dan mengasosiasi jenis lembaga sosial, serta menggunakannya sesuai perbendaharaan konsep yang dimiliki. Sehingga apabila teknik ini dirancang dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dapat menghasilkan proses pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Kemudahan penggunaan teknik akrostik tentunya harus dibarengi kreativitas guru agar dapat menciptakan akronim-akronim yang menarik bagi siswa. Ke depan, pengembangan teknik menghafal akan terus berkembang dan diperbaharui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar