Senin, 28 Oktober 2019

Membangun Sekolah Unggul

Membangun Sekolah Unggul

Dalam sebuah kesempatan, saya belajar dari Prof. Subyantoro, M.Hum mengenai tata cara membangun sekolah unggul. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yang mengharapkan Indonesia Maju, Sumber Daya Manusia Unggul. Tentunya pernyataan presiden perlu direspon dengan serius oleh seluruh aspek lapisan masyarakat agar dapat mewujudkan cita-cita luhur bangsa, yakni menjadi bangsa yang madani, sejahtera lahir dan batin.

Sekolah Unggul akan menjamin terwujudnya sumber daya manusia yang unggul pula. Nah, sekolah unggul merupakan sekolah yang memiliki sistem manajemen efektif dari efektif dari bagai dimensi.

Dimensi Leadership
Hal-hal yang mencakup dimensi kepemimpinan adalah sebagai berikut :
Iklim dan atmosfer sekolah yang kondusif
Tujuan jelas, dapat dicapai, relevan
Guru berorientasi pada pengelolaan kelas  yang baik
Adanya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pelayanan guru di dalam kelas

Dimensi Pendukung
Hal-hal yang mencakup dimensi pendukung adalah sebagai berikut :
Konsensus terhadap nilai-nilai dan tujuan
Rencana strategis bertahap
Koordinasi yang efisien dan efektif
Staf kunci yang berkelanjutan
Dukungan institusi pengambil kebijakan pendidikan

Dimensi Efisiensi
Hal-hal yang mencakup dimensi efisiensi adalah sebagai berikut :
Penggunaan waktu pengajaran yang efektif
Lingkungan sekolah dan kelas yang disiplin
Evaluasi dan umpan balik secara berkelanjutan
Kegiatan kelas terstruktur dengan baik
Petunjuk pembelajaran dipahami dan dilaksanakan dengan baik
Penguatan terhadap karakter mulia
Penekanan terhadap pengetahuan dan keterampilan yang tinggi
Kesempatan untuk belajar bagi seluruh warga sekolah secara maksimal

Dimensi Efektivitas
Hal-hal yang mencakup dimensi efektivitas adalah sebagai berikut :
Harapan untuk mencapai prestasi tinggi
Reward untuk prestasi dan kinerja tinggi
Kerjasama dan interaksi dalam kelas efektif
Keterlibatan semua staf dalam peningkatan kinerja sekolah
Otonomi dalam melaksanakan proses pembelajaran sekolah
Guru memiliki empati dan kemampuan interpersonal dengan peserta didik
Akuntabilitas hasil belajar kepada seluruh stakeholder
Interaksi sesama guru yang baik

Sekolah unggul dalam berbagai dimensi tersebut di atas akan dapat menciptakan sebuah institusi pendidikan yang dapat memberikan layanan optimal kepada seluruh peserta didik dengan mengakomodasi berbagai bakat dan minat sesuai kebutuhan belajar. Kemudian dari kolaborasi antarguru dan seluruh warga sekolah, akan terwujud sekolah yang berdaya saing di tengah persaingan dunia. Terlebih faktor lain yang tak kalah penting adalah terciptanya organisasi pembelajar oleh seluruh warganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar